Kabar mengejutkan datang dari Firefox. Peramban open source itu akan tampilkan iklan di browser-nya di sesi New Tab. Demikian rilis blog Mozilla yang dipublikasikan beberapa waktu lalu. Seperti apa?
Nantinya iklan itu akan tersemat label ‘Promoted’. Belum bisa digali lebih lanjut bagaimana bentuk ads yang ada. Selama ini, sesi New Tab Firefox diisi oleh beberapa opsi: laman blank atau kosong, home page Firefox, situs yang sering dikunjungi, atau situs terpilihyang di-setting untuk muncul di laman tersebut.
Umumnya sesi New Tab akan disi oleh Speed Dial laiknya ‘jalan pintas’ atau shortcut ke situs tertentu atau berisi riwayat browsing. Mozilla sendiri adalah yayasan nirlaba yang tidak bertujuan untuk komersialisasi. Apakah ada tujuan lain di balik iklan ini?
Bisa jadi rilis di blog Mozilla untuk melihat bagaimana respon
pengguna. Apakah mereka setuju dan sepakat bilamana Firefox tempatkan
iklan di sesi laman tertentu. Untuk saat ini, Mozilla hanya memperoleh
pendapatan dari iklan Google.
Google dan Mozilla terjalin kemitraan untuk hadirkan Google Search sebagai opsi default difitur pencarian di peramban tersebut. Mozilla menerima pendapatan iklan dari Google AdWords.
Techcrunch menulis jika 90 persen pendapatan Mozilla hanya
dari Google semata. Ketika pengguna Firefox alami penyusutan, maka
Mozilla perlu menemukan aliran pendapatan baru. Sedangkan Google miliki browser sendiri yang tak kalah populer dari Firefox yakni Chrome.
sidomi.com
Follow me @eldiarsanjaya
0 komentar:
Posting Komentar